Peluang Usaha & Analisis SWOT

 Peluang usaha adalah kesepakatan yang harus diambil oleh wirausaha untuk mengambil keuntungan.

Peluang usaha bisa datang dari mana saja, kita bisa melihat dari tren usaha yang berkembang, usaha lain yang sudah sukses & mengamati dari sekitar lokasi yang belum ada jenis usaha tersebut.


Ciri-ciri Peluang Usaha

  • Sesuai keinginan/kamauan sendiri agar bisa bertahan lama
  • Mampu berinovasi dengan perkembangan pasar
  • Orisinil & tidak meniru karya hasil pemikiran sendiri
  • Kelayakan usaha sudah teruji, artinya usaha sudah layak dijalankan 
  • Kreatif dan inovatif, agar menarik target konsumen
  • Keyakinan dan kemampuan bisa diwujudkan
  • Terdapat rasa senang dalam menjalankan usaha tersebut

Sumber Peluang Usaha

  • Bakat dan minat  : Jika pilihan usaha berdasarkan bakat dan minat, kamu sudah memiliki modal untuk terus mengerjakannya dengan semangat, tidak mudah bosan & tidak gampang.
  • Kebutuhan  : Kebutuhan juga bisa dijadikan sumber peluang usaha, hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan pada lingkungan sekitarnya tentang pemenuhan kebutuhannya. Misal usaha fotocopy disekitar sekolah.

Analisis SWOT

Adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam suatu bisnis/usaha.

Analisis SWOT sangat membantu pemilik usaha untuk mencapai tujuan dengan mempertimbangkan faktor internal & eksternal. Faktor internal seperti : keuangan, teknis & operasional, SDM, dan manajemen. Faktor eksternal seperti : pihak kompetitor/pesaing, supplier/penyedia, teknologi dan lingkungan sosial politik.

Analisis SWOT
  • Strength : Situasi/kondisi yang menjadi kekuatan dari usaha tersebut
  • Weakness : Situasi/kondisi yang menjadi kelemahan dari usaha tersebut
  • Opportunity : Situasi/kondisi yang menjadi peluang dari usaha tersebut
  • Threats : Situasi/kondisi yang menjadi ancaman dari usaha tersebut
Contoh analisis SWOT dalam bidang fashion

1. Strength
  • Produk khas Banyumas yang banyak dicari masyarakat luar Banyumas
  • Batik merupakan maskot Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara
  • Pola & motif batik yang beragam dengan warna yang menarik
  • Kualitas batik terjamin bagus
2. Weakness
  • Proses produksinya masih tradisional, sehingga stok permintaan terbatas
  • Kurangnya tenaga ahli yang profesional
  • Jangkauan pemasaran belum luas
  • Kurang adanya promosi dan iklan untuk lebih mengenalkan batik
3. Opportunity
  • Peluang bisnis batik di mancanegara cukup menjanjikan melalui kebijakan pemerintah yang mulai giat mengenalkan produk batik buatan Indonesia
  • Batik mampu dikombinasikan dengan beragam style agar lebih menarik
4. Threats
  • Persaingan yang cukup ketat diantara kompetitor usaha batik
  • Semakin maraknya pakaian modern dengan beragam style 
  • Harga bahan baku yang tidak stabil sehingga sulit untuk menetapkan harga



Sekian blog dari aku semoga bermanfaat😊
See you again in the next blog👋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Golongan, Watak, dan Pathokan Tembang Macapat

Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat