Sejarah Singkat Lahirnya Nama Banyumas

Lahirnya Nama Banyumas



  Diceritakan,bahwa Adipati Wirasaba yang bernama Wargautama I memerintah rakyat Kadipaten Wirasaba dengan arif dan bijaksana.Keberhasilan dalam menjalankan pemerintahan membuat rakyat Kadipaten Wirasaba hidup makmur,aman,dan damai.Sepeninggalan Raden Wargautama I,kedudukan digantikan oleh menantunya, Raden Bagus Mangun atau Raden Semangun,yang disebut juga Joko Kaiman,Putra Raden Banyaksosro.Raden Bagus Mangun disebut Raden Wargautama II.

   Adipati Wargautama II membagi tanah Kadipaten Wirasaba menjadi 4 bagian untuk diserahkan kepada empat orang putranya.Sejak itu beliau dikenal dengan sebutan Adipati Mrapat artinya yang membagi empat.Di kemudian hari ke empat daerah ini dikenal dengan istilah Catur Tunggal.

   Tanah tersebut di sebelah barat daya Desa Kejawar.Di sana terdapat pepohonan yang bernama pohon tembagan.Warnanya seperti emas.

   Setelah Adipati Mrapat wafat digantikan oleh putranya secara turun temurun.Berturut-tutut antara lain R.Ng.Mertasure I, R.Ng.Mertayuda dan seterusnya.

   Cerita kedua menyebutkan bahwa ketika rakyat membangun pusat pemerintahan,kebetulan ada kayu besar hanyut di Sungai Serayu.Kayu itu bernama pohon "kayu Mas".Kayu itu berasal dari Desa Karangjambu, Kecamatan Kecobang,Kawedanan Bukateja,Kabupaten Purbalingga.

   Anehnya,kayu tersebut berhenti tepat di dekat lokasi pembangunan.Adipati Mrapat tersentuh hati melihat kejadian itu.Lalu kaya itu diambil, kemudian dijadikan saja guru Bala Si Panji.Karena kayu itu bernama kayu mas yang hanyut terbawa air,maka pusat pemerintahan yang dibangun tadi diberi nama "Banyumas" (air dan kayu mas).

    Cerita ketiga adalah bahwa dalam sejarah Toyamas disebutkan bahwa nama Banyumas adalah berhentinya Adipati Mrapat dalam perjalanan mudik dari Wirasaba.Pada saat itu ia melalui Kali Rukmi atau Kali Mas.Bersama para Nayaka praja dan prajuritnya,ia berhenti di pertemuan Sungai Mas dengan sungai yang lain Di situ Adipati Mrapat membuat pesanggrahan yang kemudian diberi nama Banyumas.

   Cerita keempat menyebutkan bahwa nama Banyumas berasal dari kata banyu dan emas.Kata-kata itu diceritakan oleh penduduk daerah tersebut secara bersaut-sautan.Konon sebelum nama Banyumas daerah itu disebut Selarong.Kala itu Selarong kedatangan tamu dengan menggunakan kuda.Selama di Selarong tamu itu bertingkah laku aneh,berbeda dengan adat istiadat setempat.Oleh karena itu, penguasa praja mengambil tindakan pengamanan.Tamu itu dimasukkan kedalam penjara.

   Pada saat itu kota Selarong sedang dilanda kemarau panjang.Sumur-sumur kering,aliran Sungai Serayu surut.Untuk mendapatkan air sangat susah.Penduduk harus membuat belik-belik di pinggir sungai.Sejak tamu itu dimasukkan ke dalam penjara secara kebetulan tampaklah awan hitam di langit.Lama kelamaan berubah menjadi mendung.Suasana menjadi gelap dan akhirnya turunlah hujan dengan lebatnya.Bukan main gembiranya penduduk Selarong. "Banyu....Banyu....Banyu...." dan yang lain berteriak kata-kata "Banyu Emas".Banyu mas artinya air yang sangat berharga bagaikan emas.Sejak saat itulah kota Selarong berganti nama menjadi Banyumas sampai sekarang.



Sekian blog dari aku semoga bermanfaat😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Golongan, Watak, dan Pathokan Tembang Macapat

Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat