Sejarah Nabi Muhammad saw.

 1.Keadaan Kota Mekah sebelum Kedatangan Islam

Keadaan masyarakat Mekah sebelum kedatangan Islam sangat memperhatikan.Sebagai sejarahwan mengatakan keadaan geografis Arab yang gersang dan tandus merupakan faktor pendukung sehingga keadaan masyarakat Arab menjadi berpengaruh buruk dan berwatak keras serta jauh dari nuansa agamis.

Tidak adanya peraturan tegas membuat masyarakat menjadi kacau, peperangan antarkabilah (suku),tindakan kriminal,pemujaan terhadap berhala,sampai mengubur bayi-bayi perempuan yang masih hidup sudah menjadi kabar yang biasa didengar di masyarakat Arab kala itu.Mereka mengubur bayi perempuan karena ada anggapan bahwa kaum perempuan adalah makhluk yang rendah setara dengan budak belian.Karena parahnya keadaan kota Mekah sehingga Mekah pada waktu itu dikatakan sebagai masa jahiliah.

Ka'bah yang dibangun Nabi Ibrahim pada awalnya digunakan sebagai tempat beribadah kepada Allah,oleh masyarakat Mekah malah digunakan sebagai tempat penyembahan berhala.


2.Keadaan Kota Mekah setelah Kedatangan Islam

a. Kelahiran Muhammad

     Muhammad dilahirkan pada hari Senin,12 Rabiul Awal tahun Gajah.Ibunya bernama Aminah dan ayahnya bernama Abdullah,yang telah meninggal ketika Nabi Saw. masih dalam kandungan ibunya.Kedua orang tua Nabi berasal dari suku Quraisy.

     Pada saat masih bayi sampai berusia 4 tahun, Muhammad dititipkan kepada Halimatus Sa'diyah dan baru ketika berusia 5 tahun ia diasuh kembali oleh ibunya.Saat Nabi berusia 6 tahun,ibunya meninggal dunia ketika perjalanan pulang berziarah dari makam suaminya di  Madinah,ia kemudian dimakamkan di Abwa, Muhammad kemudian kembali ke Mekah bersama pembantunya yang bernama Ummu Ainan.

     Ketika berusia 6 tahun Muhammad diasuh oleh kakeknya yang bernama Adul Muttalib selama 2 tahun.Sepeninggal kakeknya, Muhammad diasuh oleh pamannya uang bernama Abu Thalib.Ketika beliau berusia 12 tahun, Muhammad mengikuti pamannya berdagang ke negeri Syam.

     Ketika  terjadi perang Fijar, Muhammad yang baru berusia 15 tahun ikut berperang membela sukunya.Perang Fijar merupakan perang yang pertama kali diikuti Nabi saw.sebelum beliau diangkat menjadi rasul.

     Muhammad terkenal sebagai seorang yang jujur, sehingga janda kaya raya bernama Khadijah mempercayai untuk membawa dagangannya ke Syam.Ketika berdagang Muhammad ditemani oleh pembantunya Khadijah yang bernama Maisarah.Karena kejujurannya Muhammad mendapat gelar Al Amin (yang dapat dipercaya).Pada usia 25 tahun, Muhammad menikahi Khadijah yang pada waktu itu telah berusia 40 tahun.


b. Muhammad Diangkat Menjadi Rasul

      Melihat keadaan masyarakat Mekah yang semakin rusak dan penyembahan terhadap berhala semakin menjadi-jadi, Muhammad kemudian memutuskan bertahanus (menyepi) di Gua Hira yang terdapat di Jabal Nur.Hal ini dilakukan untuk memohon petunjuk dari Allah Swt.Pada malam 17 ramadan, bertepatan dengan 6 Agustus tahun 610 Masehi ketika sedang bertahanus di Gua Hira,datanglah Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu yang pertama yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5.Dengan turunnya wahyu yang pertama resmilah nabi Muhammad Diangkat sebagai rasul.Nabi Muhammad Diangkat menjsdi rasul pada usia 40 tahun.Wahyu yang kedua baru muncul tiga tahun sesudah wahyu pertama.Malaikat Jibril menyampaikan wahyu Allah yang kedua kepada beliau yaitu surah Al-Mudatsir ayat 1-7.


c. Dakwah secara Sembunyi-Sembunyi

      Dakwah secara sembunyi-sembunyi merupakan metode pertama yang dilakukan Rasulullah setelah menerima Wahyu yang kedua.Dakwah metode pertama ini dalam tarikh Islam dikenal dengan Dakwatul ar Rad.
     Nabi memulai dakwah secara sembunyi-sembunyi kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya.Orang yang pertama masuk Islam adalah istri beliau sendiri yaitu Khadijah kemudian disusul Ali bin Abu Talib,putra paman beliau (Abu Talib) dan Zaid bin Harisah,budak beliau kemudian diangkat menjadi anak angkat Nabi.



d. Dakwah secara Terang-terangan

      Setelah dakwah secara sembunyi-sembunyi selama 3 tahun,kemudian turunlah perintah dakwah secara terang-terangan.

Faktor-faktor yang mendorong mereka menentang Islam antara lain :
1. Persaingan berebut kekuasaan.
2. Takut ajaran nenek moyangnya hilang.
3. Ajaran persamaan hak dan derajat yang dibawa Islam.

Untuk menghalangi dakwah Nabi Muhammad Saw. para pemimpin Quraisy melakukan beberapa cara antara lain :
1. Menghina dan mengejek Nabi Muhammad.
2. Memutuskan hubungan dengan orang Islam.
3. Menganiaya pengikut Nabi Muhammad Saw.
4. Membujuk Nabi Muhammad dengan harta,kedudukan,dan wanita.



Sekian blog dari aku semoga bermanfaat😊.See you next time👋







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Golongan, Watak, dan Pathokan Tembang Macapat

Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat