Promosi : Pengertian Tujuan dan Sasaran


 Apa itu Promosi?

Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.


Tujuan Promosi

Tujuan dilakukannya promosi :
1. Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen.
2. Mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar.
3. Mempertahankan merek produk perusahaan.
4. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
5. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
6. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
7. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.
8. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.


 Siapa Yang Menjadi Sasaran Promosi?

Sasaran promosi adalah sebagai berikut :
1. Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
2. Para pembeli/pelanggan produk dari perusahaan tersebut
3. Para pemakai produk pada waktu sekarang
4. Masyarakat yang mempunyai daya beli
5. Para distributor dan para agen yang menjual produknya
6. Pemerintah yang memerlukan produk dari perusahaan yang bersangkutan


Apabila promosi dapat dilaksanakan secara baik, efektif dan tepat sasaran,maka diharapkan dapat memberikan keuntungan,yang berupa berikut ini :

1. Meningkatkan omset penjualan produk
2. Produk menjadi lebih terkenal
3. Meningkatkan produksi perusahaan
4. Meningkatkan laba perusahaan
5. Mengingatkan para pembeli tentang barang yang akan dibeli




Sekian blog dari aku semoga bermanfaatšŸ˜Š
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Golongan, Watak, dan Pathokan Tembang Macapat

Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat