Mengenal Tokoh Wayang "Raden Harya Werkudara"



     Raden Werkudara anak dari Prabu Pandudewanata Raja Astinapura.Prabu Pandudewanata memerintah sebelum Prabu Duryudana.Ibunya bernama Dewi Kuntitalibrata atau Dewi Pitra.Raden Werkudara mempunyai empat orang saudara. Kakaknya bernama Raden Puntadewa.Adiknya bernama Raden Arjuna,Raden Nakula,dan Raden Sadewa.Lima satria itu dikenal dengan nama Pandawa.Pandawa artinya Putra Prabu Pandu.

     Raden Werkudara disebut juga Raden Bratasena, Raden Bayusuta (keturunan Betara Bayu),Raden Bima atau Bimasena,Raden Gandawastratmaja,Raden Bilawa (nama samaran ketika bersembunyi di kerajaan Wirata karena mendapat hukuman dibuang selama 13 tahun di hutan Kamiyaka),dan Begawan Paksajandu.

      Ia mempunyai pusaka sakti,seperti kuku pancanaka,gada rujakpolo,dan ganda lambitamuka atau gada lukitasari.Raden Werkudara juga mempunyai beberapa pakaian yang bernama gelang candrakirana,dodot bang bintu adi,kelat bahu nagabanda,pupuk jaroting asem,dan gelang minangkara.

     Raden Werkudara tinggal di Kesatrian Jodipati atau Tunggul Pamenang.Jodipati termasuk kerajaan Amarta atau Batanakwara.Ia dikaruniai empat orang anak dari keempat istrinya.Dengan Dewi Arimbi berputra Raden Gathutkaca,dengan Dewi Nagageni berputra Raden Antareja,dengan Dewi Urungayu berputra Raden Antasena,dan dengan Dewi Rakatawati berputra Raden Srenggini.

      Raden Werkudara adalah penegak negara Amarta.Ia pemegang keadillan dan pengadilan.Tugas negaranya dilaksanakan dengan jujur dan adil.Karena itu rakyatnya hidup dengan aman dan sejahtera serta taat kepada semua aturan.Selain itu Raden Werkudara adalah kesatraj yang suka menolong dan menanamkan kebaikan.Ia juga sebagai prajurit yang tangguh dan gagah perkasa.Dalam perang Barathayuda,ia berhasil merebut kembali negara Astina.Ia melawan saudaranya, yaitu Prabu Duryudana.Prabu Duryudana gugur dalam perang Barathayuda.

     Raden Werkudara termasuk murid Pandhita Durna.Pandhita Durja diakuinya sebagai guru sejati.Ia sangat taat kepada gurunya.Ia sangat tekun melaksanakan tugas dari gurunya,sehingga ia menjadi siswa yang berhasil disayang gurunya.Karena taatnya kepada guru,ia berhasil mendapatkan air suci "Tirta Pawitra Suci" atau air kehidupan dari Dewa Ruci.


Sekian blog dari aku semoga bermanfaat.See you next time👋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Golongan, Watak, dan Pathokan Tembang Macapat

Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Cara Menjaga Pola Makan Sehat